top of page
Gambar penulisTiara Ameyshara

Mitos atau Fakta?Extrovert ahli dalam public speaking



Apakah Anda seorang extrovert yang sering kali dianggap ahli dalam public speaking?

Atau mungkin Anda seorang introvert yang merasa kesulitan dengan public speaking dan beranggapan bahwa keterampilan ini hanya dimiliki oleh mereka yang ekstrovert?


Mari kita bongkar beberapa mitos dan fakta tentang keterampilan public speaking bagi extrovert.


Mengungkap Mitos atau Fakta šŸ§


1. Extrovert Secara Alami Ahli dalam Public Speaking

Jawabannya adalah MITOS. Faktanya seorang extrovert memang cenderung lebih nyaman dalam situasi sosial, tapi tidak berarti mereka secara otomatis ahli dalam public speaking yaa. Keterampilan berbicara di depan umum memerlukan latihan, persiapan, dan teknik khusus. Sehingga seorang extrovert juga perlu mempersiapkan diri dan lebih banyak belajar lagi mengenai public speaking šŸ˜


2. Extrovert Tidak Pernah Merasa Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Tentu saja jawabannya adalah MITOS. Faktanya extrovert juga bisa merasa gugup atau cemas saat berbicara di depan umum loh. Sama seperti introvert, mereka perlu belajar mengelola kecemasan mereka.


Nah, mimin punya tips cara mengatasi gugup untuk para extrovert ataupun introvert. Tips sederhananya ialah 3-4-5 yaitu tarik napas 3 detik, tahan selama 4 detik lalu keluarkan dalam hitungan 5 detik. Nah hal ini bisa dilakukan 15 menit sebelum naik ke atas panggungšŸ˜‰.


3. Energi Sosial Extrovert Dapat Membantu dalam Public Speaking

Kali ini jawabannya adalah FAKTA. Extrovert sering kali mendapatkan energi dari interaksi sosial, yang dapat membantu mereka tampil lebih percaya diri dan antusias di depan audiens. Namun, latihan dan teknik yang baik tetap penting juga ketika akan presentasikan didepan umum yaa.


4. Extrovert Cenderung Lebih Mudah Membangun Koneksi dengan Audiens

Jawabannya adalah FAKTA. Extrovert sering lebih mudah membangun koneksi dengan audiens karena mereka lebih terbuka dan ekspresif. Namun, introvert juga bisa efektif dalam membangun koneksi melalui pendekatan yang lebih tenang dan reflektif yaa.



Untuk menjadi ahli dalam public speaking bukanlah berdasarkan kepribadian extrovert atau introvert. Semua orang dengan kepribadian berbeda juga dapat menjadi seorang ahli dalam public speaking asalkan adanya niat untuk belajar teknik-teknik public speaking, latihan bagaimana presentasi didepan umum serta jam terbang yang cukup.

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Comments


bottom of page